Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Wedang Uwuh Khas Jogja


Jago Masak Enak - Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Imogiri Yogyakarta.

Cara Membuat Wedang Uwuh Instan / Celup
Gambar Wedang Uwuh Jogja
Pada awalnya wedang uwuh masih dalam bentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli, namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan, saat ini wedang uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan (wedang uwuh instan / wedang uwuh sachet), maupun bentuk celup.

Baca Juga Resep Lainnya : Resep Bajigur Durian Asli Bandung

Wedang uwuh imogiri merupakan salah satu wedang uwuh yang cukup terkenal di Jogjakarta. Ada beberapa jenis wedang uwuh yang lain seperti wedang uwuh jogja, wedang uwuh semarang, wedang uwuh solo, serta wedang uwuh jakarta.

Resep wedang uwuh merupakan salah satu resep wedang yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Resep wedang yang lain antara lain resep wedang jahe, resep wedang ronde, resep wedang angsle, resep wedang secang, resep wedang jahe gula merah, resep wedang bajigur, resep wedang ronde ncc, resep wedang jahe susu, resep wedang kacang, resep wedang pokak dan resep wedang tahu.

Resep Wedang Uwuh khas Yogyakarta

Bahan Wedang uwuh Imogiri

  • 700 ml air
  • 40 gr kayu secang
  • 50 gr gula batu
  • 6 cm jahe, bakar, kupas, memarkan
  • 2 batang (@ 10 cm) kayu manis
  • 13 butir cengkeh
  • 3 buah biji pala

Cara Membuat Wedang Uwuh Celup Instan

  1. Panaskan semua bahan di atas api kecil hingga  mendidih. Angkat.
  2. Setelah tidak panas, saring. Didihkan kembali. Angkat.
  3. Sajikan hangat.

Baca Juga Resep Lainnya :  Resep Wedang Ronde Asli Jogja

Resep Wedang Uwuh Khas Jogja Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni