Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Seblak Basah Asli Bandung


Jago Masak Enak - Seblak adalah makanan Khas Bandung, Jawa Barat. Namun beberapa sumber menyebutkan seblak berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah, karena seblak sangat mirip dengan makanan rakyat kecil dari Sumpiuh yaitu Krupuk Godog yang sudah populer sejak tahun 1940-an, sementara seblak baru populer sekitar tahun 2000-an. Seblak menjadi makanan yang banyak penggemarnya terutama di Daerah Jawa Barat, seblak bertekstur http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2015/12/resep-cilok-bandung-sederhana.html kenyal dan pedas. kebanyakan penggemarnya adalah wanita, karena selain rasanya yang pedas dan segar, seblak juga memiliki banyak variasinya.

Seblak terbuat dari kerupuk yang direbus, dan diberi bumbu Seperti Bawang merah, bawang putih, garam, kencur, cabe rawit, dan penyedap rasa. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, bahan utama seblak yaitu kerupuk, mi, atau makaroni direndam dalam air panas atau air dingin dalam waktu cukup lama. Langkah selanjutnya http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/10/resep-batagor-bandung.html yaitu tumis bahan utama dengan bumbu. Tambahkan bahan pelengkap seperti telur, sayuran, tulang,dll. Aduk sebentar, lalu sajikan.

Cara Membuat Seblak Basah Bandung
Ada beberapa jenis seblak antara lain Seblak kering dan seblak Basah : seblak makaroni, seblak ceker ayam, seblak mie basah, seblak tulang, seblak baso, seblak basreng ( baso goreng ), seblak batagor, seblak aci, seblak kwetiaw, seblak siomay, dll.

Resep Seblak Basah Bandung

Bahan-bahan Resep Seblak Basah
  • 1 genggam kerupuk kanji mentah, kurang lebih 50 gram.
  • Bahan pelengkap, bisa pilih salahsatunya atau dikombinasikan. Disini kita memilih bakso dan sosis sebagai pelengkapnya. 1 buah sosis dan 2 butir bakso sapi ukuran sedang diiris agak tipis.
  • 1 butir telur ayam dikocok lepas.
  • 1 tangkai daun bawang, potong kecil-kecil.
  • 1 tangkai seledri, cincang
  • Bawang goreng secukupnya (untuk taburan).
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya.
  • Kecap manis secukupnya.
  • Minyak goreng untuk menumis.
Bumbu yang Dihaluskan :
  • 5 buah cabai rawit (bisa lebih atau kurang tergantung selera).
  • 2 siung bawang merah.
  • 1 siung bawang putih.
  • 1 butir kemiri (jika suka).
  • Kencur, kurang lebih seukuran ujung jari.

Cara Membuat Seblak Basah


  1. Didihkan air dan rendam kerupuk mentah hingga lumer, angkat kemudian tiriskan dan beri sedikit minyak goreng agar tidak saling menyatu, aduk rata dan sisihkan.
  2. Ulek bumbu-bumbu yang harus dihaluskan, panaskan wajan dan tumis bumbu yang sudah halus sampai harum.
  3. Masukkan bakso dan sosis yang sudah diiris,daun bawang dan seledri, aduk rata.
  4. Masukkan http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/10/resep-siomay-bandung.html kerupuk yang sudah dilumerkan tadi, aduk lagi.
  5. Masukkan telur kocok dan aduk agak cepat agar telur tidak menggumpal.
  6. Beri sedikit air dan bubuhkan garam beserta penyedap rasa secukupnya.
  7. Biarkan sebentar sampai air agak berkurang kemudian bubuhkan sedikit kecap manis untuk memperkuat rasa dan aduk sampai air benar-benar mengering.
  8. Tuangkan ke mangkuk atau piring saji dan taburkan bawang goreng diatasnya.
  9. Seblak basah pedas gurih siap disajikan dan santaplah selagi panas.

Dalam proses pembuatan seblak basah pedas gurih, ada opsi dimana telur dimasukkan terlebih dahulu sehingga terbentuk menjadi telur orak-arik. Semua itu tergantung selera kita dan http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/09/resep-belut-crispy.html divariasikan seperti apa juga seblak basah tetap enak apalagi disantap saat cuaca dingin.

Resep Seblak Basah Asli Bandung Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni