Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Manca Negara

Resep Bubur Ketan Hitam


Jago Masak Enak - Bubur ketan hitam (disebut juga bubur pulut hitam atau bubur injit) merupakan hidangan penutup, dengan cita rasa manis, yang terbuat dari beras ketan yang direbus dengan air berlebih hingga lunak, dan biasa disajikan dengan santan. Bubur ketan hitam merupakan sebutan yang dipakai di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Di daerah dengan pengaruh budaya Melayu yang kuat, bubur ini disebut "bubur pulut hitam". Sementara di Bali dan di Nusa Tenggara Timur, nama dari makanan ini adalah "bubur injit". Makanan ini dapat disajikan dingin maupun hangat.

Ada beberapa bubur ketan hitam yang saat ini banyak dicari antara lain bubur ketan hitam ncc, bubur ketan hitam kacang hijau, http://jagomasakenak.blogspot.com/2015/12/resep-es-dawet-jabung-ponorogo.html bubur ketan hitam untuk ibu hamil, bubur ketan hitam jtt, bubur ketan hitam resep, bubur ketan hitam diah didi, bubur ketan hitam sajian sedap, bubur ketan hitam kalori serta bubur ketan hitam presto.

Resep bubur ketan ini bisa dibilang cukup mudah, namun jangan salah dulu, meskipun mudah resep bubur ketan hitam ada berbagai variasi seperti resep bubur ketan hitam ncc, resep bubur ketan hitam spesial, resep bubur ketan hitam enak, resep bubur ketan hitam presto, resep bubur ketan hitam madura, resep bubur ketan hitam jtt, resep bubur ketan hitam sajian sedap, resep bubur ketan hitam tanpa santan, serta yang paling populer adalah resep bubur ketan hitam dan kacang hijau.

Cara membuat bubur ketan hitam ini sangat mudah loh, namun sebelum Anda tahu cara membuat bubur ketan hitam, ternyata ada beberapa cara membuat bubur ketan hitam yang bisa Anda aplikasikan dirumah http://jagomasakenak.blogspot.co.id/2014/11/resep-tape-ketan-hitam-manis-enak.html antara lain : cara membuat bubur ketan hitam spesial, cara membuat bubur ketan hitam yang enak, cara membuat bubur ketan hitam dan kacang hijau, cara membuat bubur ketan hitam campur kacang ijo, cara membuat bubur ketan hitam menggunakan panci presto, cara membuat bubur ketan hitam madura, cara membuat bubur ketan hitam kacang ijo, dan cara membuat bubur ketan hitam sederhana.

Baca Juga : Resep Bubur Sumsum


Bubur Ketan Hitam
Kali ini si Jago Masak Enak akan menyajikan resep dan cara membuat bubur ketan hitam spesial yang enak dan mudah. Jadi setalah Anda membaca resep dan cara membuat bubur ketan hitam spesial ini sebaiknya langsung dipraktekkan agar tidak lupa dan bisa dijadikan menu alternatif dikala kumpul keluarga.

Resep dan Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Spesial

Bahan – Bahan  Bubur Ketan Hitam :
  • 250 gr ketan hitam
  • 150 gr gula merah
  • 2 lbr daun pandan
  • 1 ltr air
  • gula pasir dan secukupnya
       Bahan Saus Bubur Ketan Hitam :

  • 1 ltr santan encer
  • 1 lbr daun pandan
  •  garam secukupnya

  • Cara Membuat Bubur Ketan Hitam Spesial yang Enak :

    1. Didihkan air
    2. Masukkan ketan dan pandan sampai mendidih
    3. Kecilkan api, biarkan hingga ketan menjadi bubur, aduk sampai rata
    4. Masukkan air sedikit demi sedikit sesuai kekentalan dan kelembutan yang diinginkan
    5. Masukkan gula merah juga garam, aduk aduk, tambahkan gula pasir kalau kurang manis
    6. Saus santan: didihkan santan bersama garam dan pandan, selesai
    7. Bubur Ketan Hitam siap dinikmati

    Resep Bubur Ketan Hitam Rating: 8 Diposkan Oleh: UnknownArni